Keuntungan dan Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Di kalangan pekerja, dulunya mungkin lebih mengenal istilah Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau yang biasa disebut dengan Jamsostek. Sedangkan untuk saat ini, Jamsostek sudah diganti dengan BPJS Ketenagakerjaan. Tentu BPJS Ketenagakerjaan memang sudah tak asing lagi di telinga kita yang berstatus karyawan di perusahaan swasta maupun nasional. Namun mungkin masih banyak yang belum paham mengenai apa saja keuntungan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan cara cek saldo BPJS. Berikut ini adalah 4 keuntungan yang bisa Anda peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan:

  • Program Jaminan Hari Tua.

Salah satu program yang disertakan pada BPJS Ketenagakerjaan dan banyak ditunggu-tunggu oleh para pekerja di Indonesia adalah adanya Jaminan Hari Tua. Jaminan ini diberikan pada para pekerja yang sudah mulai memasuki usia pensiun dan harus segera berhenti bekerja. Namun saat ini, pencairan dana JHT tidak hanya dapat dilakukan pada saat memasuki usia pensiun namun juga saat tenaga kerja mengalami PHK.

  • Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Program BPJS Ketenagakerjaan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pekerja terutama yang wilayah kerjanya beresiko tinggi. Dengan adanya jaminan ini, diharapkan bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di wilayah kerja seperti kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera, cacat hingga kematian. Jaminan ini akan memberikan santunan kepada pekerja yang menjadi korban maupun keluarga korban.

  • Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.

Tak hanya menyediakan perlindungan bagi para pekerja terhadap resiko-resiko tertentu yang bisa terjadi di wilayah kerja, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kemudahan untuk meningkatkan produktivitas para pesertanya dengan memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan. Dengan layanan ini, para pekerja bisa menikmati layanan kesehatan di beberapa instansi baik perawatan maupun pengobatan.

Layanan Cara Cek Saldo BPJS Sangat Dibutuhkan Oleh Pesertanya

Setelah mengetahui keuntungan yang bisa Anda peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan, sekarang saatnya Anda mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Jika Anda berpikiran bahwa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan harus melalui kantor BPJS langsung, berarti Anda ketinggalan jaman. Saat ini sudah ada layanan online untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Berikut ini ulasannya.

  • Cara cek saldo melalui online.

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda lalu kunjungi situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa juga langsung menuju menunya di es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja. Masukkan user ID serta password untuk login (apabila Anda sudah mendaftar) sedangkan jika Anda belum mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan Anda, Anda bisa lebih dahulu melakukan registrasi. Setelah Anda login dan menemukan menu member BPJS Ketenagakerjaan, pilih panel Lihat Saldo JHT, kemudian input KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda lalu klik SUBMIT dan jumlah saldo Anda akan langsung tertera pada layar.

Pada situs web BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa melihat menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya misal informasi rincian saldo JHT tahunan, simulasi saldo JHT dan sebagainya.

  • Cara cek saldo melalui SMS.

Jika Anda tidak memiliki akses atau koneksi internet yang mumpuni, tenang saja, Anda tetap tidak perlu melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di kantornya langsung, sebab Anda bisa melakukannya via SMS. Jika Anda sudah mendaftarkan ID BPJS Ketenagakerjaan Anda, maka Anda tinggal mengetik SALDO#ID Anda misal: SALDO#7654321 lalu kirim ke nomor 08111009696. Tunggulah beberapa saat, maka Anda akan memperoleh SMS balasan yang berisi saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Mudah sekali, bukan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *