Cara Sehat Saat Puasa Ramadhan

Datangnya bulan ramadhan memang sesuatu yang sangat dinantikan bagi para umat muslim, karena di saat ini mereka bisa memperbanyak amal ibadah dengan melakukan berbagai kegiatan agama, tak hanya itu peluang untuk saling meminta maaf kepada sesama juga terbuka dengan sangat lebar pada saat datangnya hari raya idhul fitri nanti. Puasa ramadhan bukan hanya saat dimana Anda harus menahan diri dari lapar dan haus saja mulai dari pagi hingga terbenam matahari, melainkan lebih dari itu.

Puasa adalah saat dimana Anda harus menahan beragam godaan, mulai dari hawa nafsu untuk berbuat zina hingga dosa-dosa kecil yang lainnya tak hanya bagi orang dewasa melainkan lebih diutamakan untuk membiasakan sedari kecil agar nantinya buah hati terbiasa dalam menjalankan ibadah yang datang di bulan suci tersebut. Ibadan yang satu ini sering kali membuat sebagian orang memiliki masalah dengan kesehatan, meski dikatakan sebenarnya puasa memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh.

cara sehat saat puasa ramadhan

Cara Sehat Saat Puasa Ramadhan

Hanya saja pola puasa ramadhan yang salah memang kerap kali menyebabkan tubuh menjadi drop, apalagi hari-hari awal menjalankan ibadah tersebut. Nah, untuk membuat puasa Anda terus lancar hingga 1 bulan penuh dengan kondisi tubuh yang senantiasa sehat, maka alangkah baiknya untuk mengetahui pola menjaga kesehatan yang benar di bukan puasa tersebut, berikut ini diantaranya:

  1. Cukupi kebutuhan mineral atau cairan tubuh, pada dasarnya setiap hari manusia membutuhkan konsumsi air normal adalah 8 gelas air perhari atau setara dengan 2 liter. Hanya saja karena di siang hari memang diharamkan untuk konsumsi makanan apapun ada kalanya tubuh menjadi kekurangan cairan, maka penuhi di mahal hari, pada saat tak diharamkan makan dan minum maka perbanyak asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.
  2. Biasakan untuk memilah menu makanan untuk sahur dan juga berbuka, ada kalanya karena tubuh sudah terasa sangat lapar apapun yang dilihat ingin dimakan, padahal belum tentu semua jenis makanan tersebut akan baik bagi kesehatan pencernaan Ada, apalagi setelah sekian lama menahan lapar dan haus. Utamakan nilai gizi yang seimbang dan jangan makan secara berlebih-lebihan.
  3. Tetap budayakan olahraga, tak harus dengan datang ke tempat fitness di siang hari, olahraga selama bulan ramadhan ini dapat ditunjang pula saat Anda mengikuti kegiatan rutin shalat tarawih berjama’ah di masjid. Banyak gerakan yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.
  4. Cukupi waktu istirahat, namun jangan berlebihan, idealnya dalam keadaan normal orang dewasa hanya membutuhkan waktu istirahat sebesar 5 hingga 8 jam saja, namun di bulan puasa dapat Anda tambah sedikit agar tubuh tak terasa lemas di siang hari.

Mudah bukan berdayakan hidup sehat saat puasa ramadhan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *