Selain Doa Melunasi Hutang, Ini 4 Ikhtiar Terbaik Agar Hutang Terbayar

Selain membaca doa melunasi hutang tentunya ketika beban tunggakan hutang menghantui hari-hari, pastikan melakukan ikhtiar yang tepat. Berdoa membantu Anda untuk ikhlas menerima keadaan sebab sudah menyerahkan semua urusan kepada Sang Pencipta. Ketika sudah mengadu pada Yang Pemberi Hidup maka tinggal menunggu titik cerah yang disodorkan ke depan mata. Namun jalan menemukan titip cerah ini beragam ada yang diberi rezeki lebih secara mendadak namun ada pula yang diberi jalan melalui perantara.

Misalnya saja diberi teguran oleh orang terdekat untuk mencoba suatu solusi, misalnya mendapatkan pekerjaan sampingan atau lainnya. Intinya usai berdoa jangan langsung duduk manis melainkan mencoba berusaha dan memikirkan betul solusi terbaik yang terlintas di dalam pikiran. Bisa jadi hasil pikiran Anda membuahkan hasil untuk melakukan usaha yang benar agar hutang yang membebani selama ini segera terangkat. Memikirkan solusi bisa dilakukan dengan banyak cara, namun usahakan jangan malah menghindar.

Temui sumber pinjaman baik bank maupun perorangan untuk mendapatkan keringanan agar hutang bisa dilunasi dalam jangka waktu lebih lama. Ketika sudah datang dengan ikhtiar baik maka permohonan Anda dijamin lebih mudah diterima oleh sumber pinjaman. Kalau malah memutuskan kabur tentu akan memperkeruh persoalan dan bisa jadi masalah hutang ini dirasakan oleh orang terdekat. Mereka akan ditanyai mengenai keberadaan Anda yang semakin membuat hidup tidak tenang.

Ikhtiar Terbaik dengan Doa Melunasi Hutang

Kalau punya masalah pelik berkaitan dengan hutang sejumlah uang, pastikan membaca doa melunasi hutang secara rutin. Kemudian imbangi dengan beberapa ikhtiar berikut ini:

  1. Punya rencana melunasi tumpukan hutang,

Kalau hanya berdoa tentu hutang yang dimiliki akan enggan menjadi selesai baiknya susun rencana untuk melunasinya. Jangan sampai berpangku tangan menunggu tangan Tuhan bekerja, susun rencana yang mungkin cocok untuk diterapkan. Adanya susunan rencana membantu memilih solusi terbaik dengan resiko terkecil sekaligus sesuai dengan kondisi.

  1. Cobalah hidup lebih hemat dari biasanya,

Adanya beban hutang memberi teguran untuk memperbaiki gaya hidup agar tidak lagi terlalu berlebihan. Mulailah untuk mengurangi biaya hidup yang tadinya lumayan mewah menjadi lebih sederhana demi lunasnya beban hutang yang ditanggung. Apabila selama ini aktif menggunakan kartu kredit baiknya dihentikan dulu sebab penggunaannya justru membuat beban hutang naik beberapa kuadrat. Asalkan penurunan gaya hidup dilakukan dijamin setiap bulannya memiliki dana lebih yang bisa dijadikan solusi melunasi hutang.

  1. Manfaatkan dana tabungan maupun investasi,

Mengurus masalah hutang baiknya segera dilakukan untuk menghindari denda yang membuat beban keuangan meningkat tajam. Pertimbangkan untuk mengandalkan dana tabungan yang selama ini dikumpulkan supaya hutang ini segera terselesaikan. Selain tabungan bisa pula mempertimbangkan produk investasi yang dimiliki. Katakanlah emas, maka saat kejaran hutang menghantui bisa menjual tabungan emas ini untuk melunasi hutang tadi. Kalau sudah lunas dan kondisi keuangan kondusif baru menabung emas dari awal lagi.

  1. Cobalah mencari sumber penghasilan tambahan,

Hutang yang tersendat bisa jadi disebabkan karena situasi keuangan yang mendadak mengalami pailit. Misal pindah cabang dan gajinya lebih rendah, atau paling parah usaha gulung tikar dan mungkin kena PHK dari kantor. Kalau penyebabnya ini bisa dikonsultasikan dulu dengan sumber pinjaman agar tidak dikejar debt collector setiap hari. Namun jika disebabkan karena gaji yang terlalu rendah alangkah baiknya mencari penghasilan tambahan, sehingga memaksimalkan manfaat membaca doa melunasi hutang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *