Gadai BPKB Mobil Lewat Kredit Multiguna

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang saat ini digunakan untuk mengantarkan Anda kemana saja misalnya bekerja. Sebagai bukti kepemilikan kendaraan tersebut, maka Anda akan mendapatkan surat kepemilikan atau BPKB. Namun, BPKB juga dapat digunakan juga sebagai jaminan kredit. Dengan gadai BPKB mobilAnda dapat mengajukan kredit atau pinjaman multiguna yang biasanya ditawarkan oleh perbankan.

Kredit multiguna atau yang disebut juga dengan KMG merupakan salah satu jenis kredit yang membutuhkan jaminan untuk mengajukan pinjaman. Besar dana yang diperoleh oleh debitor nilainya disesuaikan dengan besar jaminan yang diajukan. BPKB mobil yang dapat diajukan sebagai jaminan adalah surat milik kendaraan sendiri dan tidak semua jenis mobil dapat digadaikan. Jenis BPKB mobil yang dapat dijaminkan di bank adalah kendaraan yang merupakan keluaran minimal tahun 2005.

Kredit multiguna yang ditawarkan oleh bank, juga hanya menerima pengajuan gadai BKPB kendaraan roda empat yang merupakan pabrikan dari Jepang dan Eropa. Walaupun merupakan kredit dengan agunan atau dengan jaminan, namun besar tenor ataupun platform tidak sebesar jenis kredit dengan jaminan yang lainnya karena besar pinjaman. Tenor atau waktu pelunasan pinjaman maksimal 5 tahun.

Melakukan gadai BPKB mobil memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum Anda mengajukan kredit. Kelebihan atau keuntungan menggunakan kredit multiguna yaitu:

  • Dana yang dipinjam dapat mencapai milyaran. Hal tersebut dikarenakan besar jumlah pinjaman disesuaikan dengan besar jaminan seperti merek atau jenis mobil. Misalnya untuk mobil keluaran terbaru dan merupakan salah satu mobil eksklusif atau limited, besar pinjaman dapat mencapai Rp 1 milyar.
  • Memiliki masa tenor yang lama.
  • Dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti untuk merenovasi rumah, untuk membayar biaya kesehatan, untuk biaya pendidikan ataupun untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan bisnis.

Akan tetapi, kredit multiguna memiliki kekurangan yang diantaranya adalah:

  • Anda tidak boleh mengajukan kredit jika tidak memiliki jaminan.
  • Jika Anda gagal untuk membayar kredit multiguna dalam waktu yang sudah ditentukan, maka mobil yang Anda gadai lewat BPKB tersebut akan diambil alih oleh bank untuk membayar hutang yang tersisa.
  • Proses untuk pengajuan yang lama. Hal tersebut disebabkan bank harus melakukan proses verifikasi seperti melihat jenis kendaraan yang akan Anda gadaikan dan digunakan sebagai jaminan, apakah sebanding dengan dana yang diajukan untuk dipinjam atau lebih rendah atau bahkan lebih tinggi. Jika ternyata aset Anda kurang dari dana yang diajukan, biasanya bank akan mengajukan permintaan untuk penambahan aset sehingga selisih dana yang diajukan dengan jumlah nilai agunan atau jaminan dianggap sesuai.

Untuk mengajukan kredit multiguna dengan cara menggadaikan surat kepemilikan mobil, maka Anda harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bank sebagai kreditor. Masing-masing bank memiliki syarat tertentu yang harus Anda penuhi. Syarat umumnya adalah:

  • Merupakan WNI dan bertempat tinggal di Indonesia.
  • Memiliki usia minimal 21 tahun dan usia maksimal adalah 60 tahun.
  • Mempunyai pendapatan minimal per bulannya Rp 2-3 juta.

Selain itu, Anda juga harus melampirkan dokumen saat Anda hendak gadai bpkb mobil melalui kredit multiguna. Dokumen tersebut diantaranya adalah:

  • Fotokopi kartu identitas diri, KTP/Passport.
  • Barang yang akan digadaikan misalnya BPKB kendaraan.
  • Formulir pengajuan kredit multiguna.
  • Fotokopi NPWP jika besar nilai pinjaman lebih dari Rp 50 juta.
  • Salinan buku tabungan 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji atau SK penghasilan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *