3 Pertimbangan Sebelum Gadai Motor di Pegadaian

Beberapa orang yang mengalami masalah dengan keuangan mencoba untuk melakukan gadai motor di Pegadaian yang terhitung menguntungkan. Banyak orang yang berpikir menggadaikan sepeda motor lebih baik ketimbang menjualnya sehingga kehilangan motor tersebut selamanya. Kemudian cara ini juga terhitung lebih baik dibandingkan harus mengajukan aplikasi pinjaman di bank. Selain prosedurnya lama, proses pengembalian pinjaman akan lebih lama sekaligus menjadi lebih mahal karena adanya tambahan biaya bunga.

Berkonsultasi ke Pegadaian akan memberikan kelonggaran untuk mendapatkan uang tunai dalam tempo cepat. Namun tidak membuat Kita kehilangan sepeda motor kesayangan yang dibeli dengan perjuangan dan kerja keras. Meskipun memiliki banyak nilai lebih bukan berarti Kita bisa dengan asal menggadaikan aset atau barang berharga yang dimiliki. Ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian agar bisa mendapatkan manfaat dari proses gadai tersebut. Kemudian paham benar untung dan ruginya ketika memilih alternatif jenis ini untuk membantu mengatasi masalah keuangan.

Pertimbangan Sebelum Menggadaikan Barang

Perusahaan Pegadaian memang membantu Kita untuk bisa mendapatkan uang tunai saat itu juga asalkan nilainya sesuai dengan barang yang digadaikan. Melihat point ini maka penting bagi Kita untuk bisa paham apa saja pertimbangan ketika akan masuk ke Pegadaian, yakni:

  1. Mengetahui nilai dari aset yang akan digadaikan,

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis barang berharga bisa digadaikan di Pegadaian, meski memiliki harga beli yang terhitung lumayan. Semisal untuk handphone, barang elektronik untuk kebutuhan komunikasi ini tidak bisa digadaikan. Sehingga sebaiknya konsultasikan dahulu dengan petugas di Pegadaian terdekat, jenis barang apa yang berlaku untuk digadaikan dan yang tidak. Sehingga tidak kerepotan membawa barang namun ternyata ditolak begitu saja.

  1. Mengetahui persyaratan untuk menggadaikan barang,

Apabila hendak menggadaikan aset penting dan berharga yang dimiliki di Pegadaian terdekat, maka ketahui dokumen persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Semisal tanda bukti kepemilikan aset, nota atau kuitansi pembelian aset tersebut, kartu tanda pengenal, dan lain sebagainya. Hal ini penting agar tidak membuang waktu dan tenaga bolak-balik ke Pegadaian karena persyaratan yang masih kurang. Cari informasi yang berhubungan dengan persyaratan tersebut dan dipersiapkan sebelum datang ke kantor Pegadaian yang dituju agar prosesnya lebih mudah dan cepat.

  1. Mempertimbangkan cicilannya nanti,

Menggadaikan aset tentu dengan pertimbangan agar aset tersebut masih bisa diambil dan tidak hilang seperti jika dijual. Ketika memilih untuk melakukan penggadaian, maka Kita pun sebaiknya mempertimbangkan bagaimana nanti mengambil aset yang digadaikan tersebut. Pertimbangkan kondisi keuangan selama ini apakah bisa mencicil sesuai dengan ketentuan atau memilih mengajukan dispensasi kepada pihak yang terkait. Intinya adalah Kita tidak hanya memikirkan cara gadai motor di Pegadaian saat ini namun juga pengambilannya di masa mendatang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *