Menilik Harga Emas Perhiasan untuk Investasi

Bagi kaum wanita sangat banyak diantaranya yang senang mengoleksi produk perhiasan, sebagai aksesoris maupun dijadikan sebagai investasi. Harga emas perhiasan belakangan ini nyatanya juga mengalami pergerakan yang cukup pesat, nilainya senantiasa meningkat. Sehingga bukan masalah jika Anda ingin menjualnya dan mengganti dengan produk investasi yang lebih baru. Jika dilihat sebenarnya memang ada banyak faktor yang mengharuskan Anda untuk terjun berinvestasi. Apalagi jika memiliki kekayaan besar namun hanya dalam bentuk uang. Karena tak ada yang bisa memprediksi keamanan ekonomi di dalam negeri.

Belakangan ini kondisinya kurang baik, sehingga mau tak mau sebagai langkah keamanan menghindari susut nya nilai harta tersebut bisa disiasati dengan berinvestasi. Berbicara mengenai investasi sendiri jenisnya memang ada banyak sekali, diantaranya adalah produk-produk jangka panjang dan juga jangka pendek. Masa atau tenggang waktu disini sangat mempengaruhi nilai keuntungan yang didapatkan, beberapa produk sebut saja diantaranya adalah investasi saham yang nilainya sangat cepat berubah adalah pilihan investasi jangka pendek. Keuntungan bisa didapatkan dengan cepat, begitu juga dengan keberadaan resiko juga bisa sangat cepat.

Pilih yang paling aman seperti emas saja, jika dilihat harga emas perhiasan saja semakin lama semakin meningkat. Tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang tengah mencari pilihan investasi terbaik. Namun dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan yang sifatnya memang ada penyusutan nilai, sebenarnya juga lebih aman menggunakan emas batangan murni. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk investasi pada instrumen yang satu ini diantaranya adalah:

  1. Waktu, mengetahui kapan saat terbaik untuk membeli dan juga kapan waktu terbaik dalam menjualnya. Untung tidaknya sebuah produk investasi sebenarnya sangat bergantung pada waktu, kapan Anda bisa memilih waktu untuk menjualnya dan juga membelinya. Ada saat dimana harga turun, disini adalah waktu untuk membeli sebanyak-banyaknya, ketika harga mengalami peningkatan maka Anda bisa menjualnya.
  2. Ketahui bagaimana cara mengelolanya, ada beberapa jenis investasi emas yang hanya dengan disimpan saja sudah bisa menghasilkan keuntungan, namun juga ada jenis yang harus dikelola, seperti diantaranya adalah trading emas hingga tabungan emas. Tentunya tak bisa sembarangan jika Anda ingin memilih jenis-jenis yang semacam ini.
  3. Keamanan, masalah keamanan investasi emas sebenarnya bukan terletak pada naik turunnya, melainkan pada kehilangan barangnya, bentuk emas secara langsung sangat rentan untuk dicuri orang lain. Jika sudah kehilangan tentunya semua uang Anda ludes tanpa sisa. Inilah resiko yang wajib untuk dipertimbangkan, termasuk penyimpanan emas tersebut, jika Anda memilih batangan.
  4. Tujuan investasi emas, beragam tujuan seseorang untuk melakukan sebuah investasi, mulai dari hanya sekedar tabungan untuk masa depan, menjaga harta agar lebih aman dari pergerakan ekonomi atau juga untuk berhaji. Untuk kebutuhan haji sendiri ada produk khusus yang bisa dijadikan sebagai pilihan, salah satunya adalah tabungan emas. Nantinya Anda cukup membuat rekening dan menabung emas perbulan, hingga jangka waktu beberapa tahun nilainya cukup untuk kebutuhan bertandang ke tanah suci.

Investasi dengan Menilik Harga Emas Perhiasan

Ingin investasi yang mudah sebaiknya memilih produk-produk atau instrumen investasi nyata, seperti emas atau properti ini. Meskipun keuntungan tak bisa dilihat secara langsung. Namun lebih aman bagi yang masih pemula, dibandingkan produk investasi besar yang memiliki resiko tinggi pula. Untuk harga emas perhiasan nilainya tinggi, namun juga bandingkan dengan penyusutan harga jualnya untuk investasi nanti.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *