Hikmah Puasa di Balik Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan paling suci bagi umat Islam. Selama 1 bulan penuh, umat Islam diperintahkan untuk melakukan puasa. Menahan makan dan minum mulai dari matahari terbit hingga matahari tenggelam harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Namun, dibalik puasa di bulan Ramadhan tersebut terdapat hikmah puasa tidak hanya bagi kesehatan spiritual namun juga kesehatan secara fisik.

Hikmah yang pertama adalah setiap umat Islam yang berpuasa di bulan Ramadhan dapat menggapai derajat takwa. Dengan berpuasa Ramadhan, tentunya setiap umat yang melaksanakan perintah sesuai dalam QS. Al-Baqarah ayat 183, akan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengangkat derajat ketaqwaan di mata Tuhan YME, misalnya dengan rajin melaksanakan shalat, membaca Al-Quran ataupun berbagi dengan sesama misalnya dengan melakukan zakat atau melakukan donasi kepada orang yang membutuhkan.

Kedua adalah mendekatkan diri kepada AllHikmah Puasa di Balik Bulan Suci Ramadhanah SWT. Dengan melaksanakan puasa, tentunya akan membuat Anda semakin dekat dengan yang Maha Pencipta karena Anda akan berfokus pada melaksanakan ibadah dibandingkan dengan kesenangan duniawi. Dengan melakukan puasa di bulan Ramadhan, tentunya akan lebih membuat seseorang lebih mudah bersyukur terhadap segala sesuatu yang telah dimiliki walaupun sedang dalam berada kondisi yang berat.

Hikmah puasa di bulan Ramadhan yang ketiga adalah membuat seseorang lebih dapat menghargai orang lain. Dengan melaksanakan puasa, seseorang diharuskan untuk menahan lapar mulai dari matahari terbit hingga matahari tenggelam serta diharuskan untuk dapat menahan emosi. Dari hal tersebut setiap orang yang puasa akan dapat merasakan perasaan seseorang yang kurang mampu yang tidak dapat mengkonsumsi makanan yang enak setiap saat atau bersenang-senang setiap saat. Akibatnya, Anda dapat lebih menghargai orang lain karena pernah merasakan betapa sulitnya untuk menahan makan dan minum terlebih jika tetap harus aktif bekerja.

Keempat adalah belajar untuk dapat mengendalikan diri dengan baik sehingga membuat diri menjadi lebih mudah tenang. Jika hati dan pikiran seseorang menjadi tenang, maka dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik misalnya mencari solusi untuk pekerjaan yang sedang dikerjakan. Selain itu, jika memiliki pikiran dan perasaan yang tenang, tidak dapat mudah terpancing emosi sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang merugikan misalnya pertengkaran yang lebih besar yang dapat mengakibatkan putusnya hubungan silaturahmi.

Kelima adalah membantu untuk dapat membuat hidup menjadi lebih disiplin. Saat Anda sedang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, biasa akan membuat orang menjadi lebih tepat waktu saat beribadah. Selain itu, Anda juga dapat tepat waktu saat melaksanakan sahur ataupun berbuka puasa sehingga membuat Anda menjadi lebih disiplin saat makan dan menghindarkan diri dari terjangkit penyakit maag untuk yang belum memiliki sakit maag.

Hikmah puasa yang keenam saat Anda melaksanakan puasa di bulan Ramadhan adalah badan Anda menjadi lebih terasa ringan. Hal ini dikarenakan saat Anda berpuasa, tubuh tidak akan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam sehingga tubuh Anda dapat beristirahat. Karena hal tersebut, tubuh menjadi lebih mudah untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh akibatnya, tubuh terasa lebih ringan dan lebih sehat. Namun, yang harus Anda perhatikan saat berbuka ketika Anda berpuasa adalah konsumsi makanan secara perlahan agar tubuh Anda dapat beradaptasi terlebih dahulu dan agar tidak membuat gula darah Anda melonjak dengan drastis yang justru akan membahayakan tubuh Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *