Hikmah Puasa untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Hikmah Puasa untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai sehingga harus dijaga dengan baik. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar berbagai cara dilakukan dan salah satunya adalah dengan berpuasa. Hikmah puasa yang dapat dirasakan misalnya daya tahan tubuh menjadi lebih meningkat dibandingkan sebelumnya sehingga membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Hal tersebut dikarenakan selama berpuasa, limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat dan sel T mengalami kenaikan pesat. Selain itu, terjadi penurunan kadar apo-betta dan penaikan kadar dari apo-alfa1.

Hikmah puasa yang perlu diketahui

Kondisi dari daya tahan tubuh yang meningkat, dapat menyebabkan kesehatan jantung serta pembuluh darah menjadi lebih baik. Berpuasa tidak menyebabkan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat menurut secara drastis. Perubahan saat berpuasa yang berakibat baik untuk jantung dan pembuluh darah yaitu:

  • Peningkatan HDL atau kolesterol baik.
  • Peningkatan apoprotein alfa 1 atau apo-alfa1.
  • Penurunan kolesterol jahat.
  • Penurunan distribusi sirkadian suhu tubuh, hormon kortisol, glisemia dan melatonin.
  • Penurunan adrenalin.

Ketiga untuk membuat agar pola pikir dan jiwa yang lebih tenang. Lewat berpuasa, mengharuskan seseorang untuk dapat menahan emosi sehingga dapat membuat pikiran dan hati menjadi tenang. Jika Anda marah, adrenalin Anda akan meningkat hingga 20-30 kali lipat dari keadaan normal dan keadaan tersebut justru dapat memacu jantung menjadi lebih cepat. Jika terjadi berulang kali dan dalam jangka waktu yang cepat dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, otak dan jantung.

Hikmah puasa yang keempat adalah membantu untuk meningkatkan kesehatan seksual. Berpuasa ternyata berpengaruh pada hormon yang ada pada wanita dan pria. Hormon tersebut yaitu:

  • Hormon prolatin yang memiliki pengaruh terhadap kemandulan wanita.
  • Hormon testosteron, FKH atau perangsang kantung dan LH atau lemotin. Dari penelitian yang dilakukan, saat puasa di tahap awal akan ada penurunan hormon testosteron walaupun tidak mengganggu jaringan kesuburan. Akan tetapi beberapa hari setelah berpuasa, terjadi peningkatan hormon testosteron dan performa seksual melebihi sebelumnya.
  • Hormon hipotalamus-pituatari testicular yang berpengaruh untuk pembentukan sperma.

Kelima adalah mengurangi berat badan yang akan membuat tubuh Anda menjadi lebih ringan dan sehat. Saat Anda berpuasa, terjadi penurunan glukosa atau gula dalam darah serta berat badan. Hal ini disebabkan karena:

  • Penurunan frequensi makanan.
  • Peningkatan LDL secara signifikan dan penurunan HDL.
  • Perubahan pada tingkat lipid.

Keenam adalah berpuasa dapat mencegah serta menyembuhkan penyakit mental. Dalam otak terdapat fungsi pembersih serta penyehat otak dengan menggunakan fungsi sel yang disebut Neuroglial cells. Ketika Anda berpuasa, maka sel neuron yang mati atau tidak berfungsi dengan baik akan dimakan oleh sel neuroglial yang berdampak baik untuk kesehatan mental seseorang. Menurut dari Dr. Ehret yang merupakan seorang ilmuwan di bidang kejiwaan mengemukakan jika dengan beberapa hari berpuasa yaitu selama 21 hari dapat memberikan kesehatan fisik, mental.

Hikmah puasa ketujuh adalah membantu untuk mencegah penyakit diabetes serta penyakit kelebihan nutrisi. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, gula darah dalam tubuh akan menurun. Dengan berpuasa, seseorang dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi misalnya tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkolesterol seperti gorengan. Dengan cara ini, akan terjadi keseimbangan antara kadar gula dalam darah dan kolesterol yang akan membuat tubuh menjadi terasa lebih sehat. Namun, jika Anda merupakan penderita diabetes tipe 2, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum berpuasa karena mungkin saja kondisi badan Anda akan sangat terpengaruh saat puasa.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *