Kelebihan Investasi Syariah

Dunia investasi dan keuangan senantiasa berkembang. Saat ini, berbagai bank dan perusahaan menawarkan produk investasi yang menarik perhatian. Selain tersedia dalam konsep konvensional, ada juga investasi berbasis syariah yang dapat Anda pilih di zaman yang modern seperti sekarang. Sesuai namanya, investasi syariah merupakan suatu produk investasi yang ditawarkan oleh bank atau perusahaan tertentu dalam balutan konsep syariah berdasarkan ketentuan dalam islam. Secara umum, berikut ini beberapa gambaran mengenai keunggulan investasi berbasis syariah bila dibandingkan dengan investasi biasa atau konvensional, antara lain:

apa itu investasi syariah

  • Dikelola dalam prinsip syariah yang prosedur hingga keuntungannya halal.

Produk perbankan syariah dikelola dengan aturan yang jelas. Semua prosedur pengelolaan investasi dalam bank syariah dilaksanakan sesuai aturan agama. Aneka macam hal terkait pengelolaan investasi atau operasionalnya jauh dari unsur yang diharamkan dalam agama seperti riba dan sejenisnya. Dengan kata lain, mengandalkan investasi berbasis syariah sangat menguntungkan karena dijamin halal. Semua prosedur, pengelolaan hingga hasil atau keuntungan investasi yang didapat bebas dari hal-hal yang diharamkan. Jadi, Anda tak perlu meragukan kehalalan dari hasil investasi yang didapatkan.

  • Mengandalkan prinsip bagi hasil dan asas kepercayaan.

Pada dasarnya, bank konvensional memberi nilai keuntungan investasi yang sangat menarik dengan takaran bunga yang menjanjikan sehingga diminati banyak kalangan. Akan tetapi, produk investasi berbasis syariah juga tidak kalah menarik karena mengandalkan sistem bagi hasil atas keuntungan investasi yang dikelola. Perhitungan berdasarkan prinsip bagi hasil tentu terasa lebih adil dan bijaksana. Dalam pengelolaannya, sistem investasi berbasis syariah juga mengutamakan asas kepercayaan.

  • Dikembangkan dan disalurkan untuk kegiatan yang baik dan bermanfaat.

Pengelolaan dana investasi syariah digunakan untuk berbagai kegiatan yang baik dan bermanfaat. Penggunaan dana investasi juga dimanfaatkan untuk membiayai atau mendanai kegiatan yang halal dan jelas. Jadi, dana investasi yang Anda tanamkan dapat diputar dan dikelola secara profesional dan penuh keterbukaan. Seluruh pengelolaan investasi dilakukan dengan sangat produktif sehingga laba yang didapatkan pun begitu bermanfaat. Bahkan berinvestasi lewat produk perbankan syariah juga memudahkan siapapun untuk melakukan kegiatan sosial. Berbagai macam aktivitas sosial dan penyaluran zakat, infaq dan lain sebagainya dilakukan dengan baik melalui lembaga penyaluran dana sosial yang profesional dan terpercaya.

  • Menerapkan standar investasi yang aman dengan pengawasan yang jelas.

Setiap kegiatan investasi dilaksanakan sesuai standar dengan pengawasan yang jelas sehingga keamanan investasi berbasis syariah sangat maksimal. Setiap kegiatan dan pengelolaan dana investasi yang diputar oleh bank syariah senantiasa diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Adanya DPS ini menjamin bahwa seluruh kegiatan operasional yang dilaksanakan oleh bank syariah benar-benar sesuai dengan prosedur dan prinsip syariah. Jadi, siapapun yang berkontribusi dalam investasi berbasis syariah menjadi lebih tenang dan merasa nyaman karena semua operasional investasi berjalan aman dan penuh pengawasan.

Kelebihan Investasi Syariah

Itulah berbagai macam keunggulan yang ditawarkan oleh berbagai bank syariah atas produk investasi yang dikelola. Berbagai produk investasi syariah dapat dijadikan sarana untuk berinvestasi dan mengelola keuangan. Anda bisa menikmati hasil investasi yang halal karena pelaksanaannya sesuai dengan hukum islam. Selain itu, pengawasan yang jelas dan penyaluran dana investasi yang ditujukan untuk kegiatan yang halal juga membuat investasi semakin terasa aman dan bermanfaat. Oleh sebab itu, janganlah ragu untuk memanfaatkan produk investasi berbasis syariah mulai sekarang untuk dapatkan hasil investasi yang menarik dan halal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *