Kredit Mobil Murah Jakarta, Memang Murah tapi Teliti Dahulu!

Kredit Mobil Murah Jakarta, Memang Murah tapi Teliti Dahulu!

Untuk bepergian dalam jarak jauh, mobil selalu diperlukan bagi banyak orang, terutama bagi Anda yang mementingkan keamanan dan kenyamanan keluarga Anda. Belum lagi keperluan transportasi untuk sekarang ini yang menuntut banyak orang setidaknya memiliki satu buah mobil. Masalahnya juga, mobil masih menjadi barang tersier alias barang mewah bagi banyak kalangan. Dengan gaji yang rendah, bisakah Kredit Mobil Murah Jakarta diambil?

Mengajukan kredit mobil bukanlah hal yang sulit. Namun yang sulit adalah memastikan bahwa Anda memang layak dan bisa mengajukannya, tanpa mengganggu kesehatan finansial Anda sendiri. Ini yang kadang tak dipikirkan masak-masak oleh banyak orang sebelum mengambil kredit. Bahkan kredit untuk mobil yang murah sekalipun, yang berada dalam range harga Rp80-100 jutaan, bisa menjadi beban berat kalau gaji Anda hanya sekitar Rp3-5 jutaan misalnya.

Sekarang, mari lihat dulu apa saja yang bisa mempengaruhi harga mobil sehingga tingkat harganya lebih rendah:

  1. Kondisi mobil

Baru atau bekas? Mobil bekas jelas akan lebih murah, tapi mobil baru yang akan diperbaharui versinya juga bisa dijual dengan harga murah.

  1. Uang muka

Semakin besar uang muka, maka cicilan Anda per bulan akan semakin ringan. Sebenarnya aturan pemerintah mengharuskan uang muka adalah 25% dari total harga, meski tak banyak dealer yang melakukannya.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Kredit Mobil Murah

  1. Tenor

Tenor panjang juga akan membuat cicilan per bulan jadi lebih rendah. Makanya sering ada yang mengambil cicilan lebih dari 5 tahun. Tapi ingat juga, mobil di atas umur tersebut biasanya sudah mulai menurun kualitasnya dan akan banyak gangguan.

Jika faktor-faktor di atas mendukung, Anda bisa saja mendapatkan kredit yang murah. Tapi sebelum Anda mengajukan Kredit Mobil Murah Jakarta, Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal ini:

  1. Kemacetan dan keperluan bensin

Anda jelas tak bisa menghindari macet ketika naik mobil. Padahal biaya untuk mengisi bensin ini tak bisa dibilang sedikit. Ingat, Anda masih harus membayar angsuran pula.

  1. Perawatan mobil

Mobil juga harus dirawat dengan rutin kalau Anda ingin mobil tetap awet dan bisa bertahan lebih dari 5 tahun, dan ini berarti keluar biaya. Belum lagi urusan suku cadang.

  1. Biaya administrasi serta pajak

Biaya asuransi, administrasi kredit, provisi, pembayaran pajak, dan biaya lain-lain juga harus Anda hitung. Jangan heran jika Anda misalnya diminta membayar DP Rp10 juta, namun tagihannya ternyata Rp20 juta lebih karena tambahan-tambahan tersebut. Sudah siapkah Anda?

kredit mobil murah jakarta

Mampukah Anda mengajukan kredit dengan mempertimbangkan semua faktor di atas? Ingat, cicilan disarankan untuk tidak melebihi 20-30% dari total gaji Anda sebulan. Mari lihat perhitungan berikut:

  • Gaji 3 juta/bulan
  • Harga mobil Rp100 juta, dengan DP Rp10 juta.
  • Suku bunga 6% dan tenor 8 tahun (96 bulan).
  • Hitungannya:
  • Hutang pokok: Rp100 juta – Rp10 juta = Rp90 juta
  • Angsuran (tanpa bunga): Rp90 juta/96 = Rp937.500,00
  • Bunga: (Rp90 juta x 6% x 8)/96 = Rp450.000,00
  • Total angsuran/bulan: Rp1.387.500,00

Padahal dengan gaji Rp3 juta/bulan, maksimal cicilan Anda haruslah Rp900.000,00, jauh di bawah Rp1,3 juta yang memakan nyaris separuh gaji. Ingat, bahkan dengan Kredit Mobil Murah Jakarta pun Anda masih harus membeli kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan listrik, air, maupun telepon selama 8 tahun. Jadi jangan paksakan diri Anda dulu. Jika gaji masih rendah, tunggu hingga ada pemasukan tambahan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *