Manfaat Membuat Tabungan Biaya Haji Sejak Dini

Setiap umat Islam pastinya ingin menyempurnakan rukun Islam. Salah satu cara untuk menyempurnakan rukun Islam tentunya dengan melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Namun tentu saja untuk melaksanakan ibadah haji di negeri yang jauh membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika Anda berasal dari kalangan keatas, mungkin biaya tersebut tidak menjadi masalah. Tetapi jika Anda berasal dari kalangan menengah tentu saja hal ini bisa menjadi sebuah permasalahan karena Anda harus mengumpulkan uang untuk pergi ke tanah suci. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan biaya naik haji adalah dengan membuka tabungan biaya haji. Lalu apakah Anda sudah tahu manfaat apa saja yang diperoleh jika membuka tabungan ini?

tips menabung biaya haji sejak dini

tips menabung biaya haji sejak dini

Manfaat yang bisa Anda peroleh jika membuka tabungan khusus haji antara lain sebagai berikut:

 

  • Memudahkan Anda untuk mengumpulkan dana haji.
  • Setorannya sangat terjangkau. Bahkan di beberapa bank juga tidak menetapkan besar setoran khusus. Jadi Anda bebas menabung sesuai dengan kemampuan.
  • Jangka waktu juga fleksibel. Bisa Anda tentukan sendiri dan bisa juga mengikuti ketentuan dari bank.
  • Persyaratan yang harus Anda penuhi juga mudah. Hanya berupa dokumen yang sama seperti saat pertama kali membuka tabungan.

 

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat membuka tabungan khusus haji ini?

 

Biasanya tabungan khusus haji ini bisa ditemukan di beberapa bank syariah. Setoran awal tabungan khusus haji ini juga sangat murah. Umumnya hanya berkisar antara 500 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk setoran selanjutnya minimal hanya 100 ribu rupiah saja. Pada beberapa bank tertentu memiliki penerapan khusus yang bisa memudahkan Anda untuk mewujudkan impian Anda berhaji. Misalnya saja jika tabungan Anda terkumpul beberapa puluh juta, maka secara otomatis Anda sudah bisa mendapatkan satu kursi keberangkatan haji untuk beberapa tahun mendatang.

 

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan tabungan, Anda bisa menggunakan metode deposito maupun investasi. Namun sangat disarankan untuk memilih investasi dalam bentuk logam mulia emas. Selain harganya yang cukup terjangkau, harga jual emas juga dijamin tidak akan mengalami penurunan. Justru harga emas mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu menerapkan metode deposito dan investasi di bank juga dinilai lebih efektif dibandingkan dengan menabung.

 

Apabila biaya haji sudah beres, ada baiknya juga Anda mempersiapkan fisik dan mental untuk berhaji. Ada baiknya Anda jaga kesehatan tubuh semaksimal mungkin sehingga tidak mengalami gangguan kesehatan pada saat melakukan ibadah haji. Cara menjaga kesehatan fisik juga sangat mudah yakni dengan rajin berolahraga dan makan makanan sehat serta bergizi. Persiapkan juga mental Anda sebelum keberangkatan. Perbanyaklah berdoa dan dzikir supaya dimudahkan saat ibadah haji. Demikian tips ini dan semoga memberikan manfaat untuk Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *