Manfaat Puasa yang Harus Diketahui

Manfaat Puasa yang Harus Diketahui

Manfaat Puasa yang Harus Diketahui

Puasa atau saum di bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Ibadah yang satu ini memiliki banyak manfaat seperti ibadah-ibadah yang lain, yaitu untuk melaksanakan kewajiban, menyempurnakan rukun islam dan mendekatkan diri pada Allah SWT Sang Maha Pencipta Langit dan Bumi. Karena itulah semua masyarakat beragama islam yang memenuhi syarat ibadah diwajibkan untuk menjalankannya dengan sebaik mungkin. Selain bermanfaat untuk mendekatkan diri pada Ilahi, melaksanakan kewajiban yang satu ini juga dapat memberi berbagai macam manfaat yang lain, yaitu:

Melatih kesabaran dan menahan hawa nafsu.

Rasa sabar adalah hal yang paling diuji ketika puasa. Kesabaran dalam menahan lapar, haus dan hawa nafsu harus diuji untuk mendapatkan pahala dan mencari ridha Allah SWT setiap waktu. Karena itulah menjalankan ibadah saum harus dilakukan semaksimal mungkin sehingga kesabaran yang dimiliki selalu terlatih dengan baik dalam menghadapi berbagai rintangan sekaligus mengendalikan hawa nafsu. Apalagi di saat bulan Ramadhan, semua muslim yang memenuhi syarat diwajibkan untuk melaksanakan ibadah saum untuk meningkatkan keimanan dari waktu ke waktu.

Meningkatkan rasa syukur.

Selain melatih kesabaran dan menahan hawa nafsu dalam menghadapi ujian saat menjalani ibadah saum, setiap umat muslim juga dapat meningkatkan rasa syukur atas segala berkah yang diberikan oleh Allah SWT ketika melaksanakan ibadah tersebut. Di saat puasa, Kita akan merasa empati dan tahu seperti apa rasanya menahan lapar dan haus yang banyak dialami oleh saudara-saudara di luar sana yang kurang beruntung. Dengan menjalankan ibadah saum, tentu saja rasa syukur akan semakin tertanam dengan baik dan semua berkah yang diperoleh kian dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Menjaga kesehatan hati, pikiran dan tubuh.

Melaksanakan ibadah saum juga dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Seseorang yang menjalankan ibadah saum akan lebih sehat secara fisik, hati dan pikirannya dalam menjalankan aktivitas maupun beribadah. Hati yang tenang, pikiran yang tentram dan tubuh yang lebih bugar bisa diperoleh dengan beribadah saum sesuai kewajiban. Karena itulah saum menjadi ibadah yang penuh manfaat dan memberikan efek positif yang baik bagi kesehatan jiwa dan raga.

Maka dari itu, melaksanakan ibadah saum sebagai salah satu kewajiban yang harus ditegakkan dalam rukun islam menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh semua umat islam. Selain menjalankan ibadah saum, melakukan ibadah lain seperti shalat, membaca Al-Qur’an, berzakat, sedekah dan lainnya juga tak boleh dilewatkan dan harus dijalani bersama-sama sesuai aturan yang sudah diberikan. Dengan melaksanakan ibadah puasa sesuai ketentuan dengan sebaik-baiknya, maka kesabaran yang jauh lebih terlatih, rasa syukur yang lebih dalam dan kesehatan fisik dan batin yang lebih optimal dapat dirasakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *