Membangun Pribadi Sebagai Hijabers yang Baik

hijabers

Berhijab merupakan standar berpenampilan yang harus diterapkan oleh setiap perempuan muslim yang ada di dunia. Mengenakan hijab bukan semata-mata untuk menciptakan gaya atau style dalam berpenampilan, tetapi untuk melaksanakan kewajiban dalam hal menutup aurat. Menutup aurat dapat menjaga hati dan perilaku dari hal-hal yang negatif sekaligus menjaga kehormatan sebagai perempuan. Menjadi hijabers atau muslimah yang berhijab harus dilakukan dengan baik dan istiqamah sehingga manfaat dan keutamaan dalam berhijab bisa dirasakan. Untuk membangun pribadi sebagai muslimah berhijab yang baik sesuai ketentuan agama, ikutilah beberapa tips di bawah ini mulai sekarang, yaitu:

Berpakaian secara syar’i.

Menutup aurat atau berhijab dalam islam memiliki aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan dan wajib dipenuhi oleh semua kaum muslimah. Bukan hanya memakai pakaian yang tertutup, namun berpakaian syar’i juga harus diutamakan dalam berpenampilan. Pakaian yang tergolong kategori syar’i bagi perempuan yaitu pakaian yang menutup aurat secara sempurna, tidak tipis, tidak ketat dan tidak tembus pandang. Pakaian yang digunakan juga bukan semata-mata ditujukan untuk menarik perhatian atau mencari popularitas. Ketentuan dan aturan berpakaian bagi setiap muslimah harus dipahami dan dilaksanakan dengan benar untuk menjaga aurat dan melaksanakan kewajiban.

Bergaul dalam lingkungan dan aktivitas yang positif.

Bergabung dengan komunitas sesama muslimah atau hijabers dapat dilakukan untuk membangun pribadi sebagai muslimah yang lebih baik. Anda bisa berbagi ilmu pengetahuan seputar hal-hal bernuansa islami, melakukan segala macam kegiatan yang positif sesuai ajaran agama dan lain-lain. Dengan bergaul bersama lingkungan yang baik dan melakukan segala macam kegiatan yang positif, maka pribadi sebagai muslimah yang jauh lebih baik dapat Anda nikmati.

Meningkatkan ibadah dan mengamalkannya dengan baik.

Selain melaksanakan kewajiban untuk menutup aurat, setiap muslimah juga tentu memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah. Mulai dari shalat, puasa, zakat dan lain sebagainya perlu dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isi di dalamnya juga penting untuk membangun kepribadian yang lebih islami dan menjalankan segala macam kewajiban yang telah Allah SWT berikan. Dengan demikian, semua kewajiban di dunia dapat dipenuhi secara keseluruhan, baik dalam berpakaian, berperilaku, beribadah, beramal dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, menjadi hijabers dengan menutup aurat saja belum cukup untuk meningkatkan kualitas kepribadian yang lebih baik. Dibutuhkan upaya yang lebih sesuai aturan dan syar’i dalam berperilaku, menjalani segala macam ibadah dan lain-lain. Mendalami agama dan bergaul dengan kerabat atau lingkungan yang baik juga menjadi faktor penting yang perlu dilakukan sehingga semua kewajiban dapat diamalkan sesuai syariat sebagai seorang muslim. Dengan demikian, pribadi sebagai muslimah yang lebih baik dapat membawa kebaikan di dunia dan di akhirat nanti.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *