5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Mobil Bekas Avanza

Toyota avanza merupakan salah satu jenis mobil yang mempunyai tingkat penjualan tertinggi hampir beberapa tahun berturut-turut di Indonesia, entah itu mobil bekas avanza maupun jenis avanza baru. Untuk menemukan mobil sejenis ini di jalanan tidak sulit bahkan mayoritas besar jalanan seluruh Indonesia dipenuhi dengan jenis mobil satu ini. Karena memang tampilan yang menawan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ini memberi kesan berbeda sehingga banyak orang yang tertarik memilikinya.

Produsen dari Toyota sendiri selalu memberikan inovasi-inovasi baru terhadap mobil rangcangan mereka satu ini. Tidak hanya mobil baru, mobil bekas jenis ini juga sangat banyak ditawarkan oleh penjual atau makelar-makelar yang banyak diberbagai kota dan daerah. Tetapi perlu diingat dalam mencari mobil jenis ini yang second jangan langsung tergiur oleh harga yang ditawarkan. Harga yang murah belum tentu mendapatkan kondisi mobil yang layak dipakai.

Untuk harga sendiri ditawarkan berbagai macam tergantung dari kondisi dan tahun keluaran mobil itu sendiri. Bagi yang mempunyai niatan membeli mobil bekas jenis avanza perlu memperhatikan dan mengetahui mengenai hal dibawah ini.

5 Tips yang Harus di Ketahui Sebelum Membeli Mobil Bekas Avanza :

  1. Bila unit yang dipilih dan akan dibeli merupakan jenis mobil tahun tua dan kilometer yang tertera sudah banyak, pastikan semua keadaan kaki-kaki sehat. Apalagi mobil merupakan bekas penggunaan operasional yang termasuk kategori aktif seperti rental, taksi atau lainnya. Selalu pastikan semuanya masih layak untuk dijalankan dalam jangka waktu yang lama. Jadi tidak menimbulkan kerugian saat menjatuhkan pilihan membeli barang tersebut.
  2. Selalu lakukan test drive saat akan membeli mobil jenis apapun, semua mobil akan memberikan pertanda atau bunyi yang aneh ketika dipakai di jalanan, hal tersebut merupakan deteksi mobil mengalami kerusakan dan sama halnya dengan mobil bekas avanza jika komponen sudah rusak.
  3. Unit yang dipilih adalah jenis mobil yang memang telah dipakai lebih dari tiga tahun pasti sudah mengalami kebocoran. Mulai dari kebocoran oli mesin, minyak rem, minyak kopling atau lainnya. Maka dari itu lakukan pemeriksaan secara mendetail dalam pembelian mobil bekas.
  4. Avanza yang merupakan mobil sangat fleksibel dalam muatan biasanya kerap digunakan dalam jumlah muatan banyak. Pastikan interior seluruh mobil dalam keadaan baik dan masih dapat dikatakan layak digunakan. Seperti sobek ataupun kusam pada bagian bangkunya baik dari bangku pertama hingga bangku paling belakang pastikan semuanya masih terlihat bagus.
  5. Lakukan pengecekan untuk riwayat mobil tersebut dan cek buku service apakah perawatan dilakukan secara berkala atau tidak. Dalam service ditempat resmi yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu nilai lebih.

Baca Juga : Waspada Membeli Mobil Avanza Bekas Rental

Itulah beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam pembelian mobil bekas jenis avanza ataupun lainnya. Toyota avanza mempunyai berbagai macam tipe saat pengeluaran yaitu dari mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Serta ada jenis pilihan tipe trim utama yaitu E, G dan ada juga veloz. Untuk pengendara di Indonesia yang mayoritas jalanan macet lebih disarankan menggunakan mesin 1.300 cc. karena mesin yang kecil dapat memberikan pengiritan dalam pemakaian bahan bakar terutama untuk transmisi manual.

Mobil bekas avanza ataupun mobil avanza baru itu semua tergantung dari keadaan ekonomi serta kebutuhan Anda. Tentu keduanya mempunyai kelebihan masing-masing, jika tidak mempunyai cukup dana dan ragu melakukan kredit mobil baru, pilihan untuk membeli mobil bekas dapat diambil. Tetapi perlu diingat untuk beberapa hal yang harus diperhatikan seperti yang telah dijelaskan diatas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *