Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa yang Kreatif

Kampus adalah tempat bagi mahasiswa untuk menimba ilmu, tetapi bagi mahasiswa yang kreatif, selain menjadi tempat untuk menimba ilmu, kampus juga bisa menjadi tempat belajar membuka bisnis sampingan. Peluang bisnis di daerah kampus terbilang cukup mudah karena banyaknya mahasiswa yang hilir mudik setiap hari dalam jumlah yang besar. Melakukan bisnis sampingan ketika dibangku kuliah bisa menjadi pembelajaran awal untuk merintis bisnis yang lebih serius setelah lulus nantinya. Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa kampus, selain menjadi tempat belajar, juga menjadi titik awal mahasiswa untuk merintis bisnis dari nol.

Terdapat banyak peluang bisnis yang bisa dicoba mahasiswa, baik bisnis yang membutuhkan modal besar atau pun yang tidak memerlukan modal sama sekali. Bisnis yang dilakukan para mahasiswa itu sendiri bisa berbasis daring atau dijalankan secara nyata. Berikut ini adalah beberapa bisnis yang baik untuk anda lakukan sebagai mahasiswa:

  • Kursis private

Bisnis ini merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal uang, namun modal keterampilan dan keahlian khusus yang dimiliki. Contohnya adalah bisnis kursus private bahasa inggris, paling cocok untuk mahasiswa jurusan sastra inggris atau pendidikan bahasa inggris. Kursus bahasa inggris cukup sering dicari orang tua muris karena bahasa inggris sendiri sudah menjadi salah satu pelajaran utama di sekolah dan diujikan dalam Ujian Nasional.

  • Jualan barang bekas

Anda membutuhkan modal jika anda hendak melakukan bisnis ini. Pasalnya, dalam menjalankan bisnis ini diperlukan kecermatan membaca peluang. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas cukup banyak yang menyelepekannya, tetapi barang tersebut bisa menjadi berarti bagi yang membutuhkannya. Misalnya seperti membeli kipas angin di pasar barang bekas kemudian dijual kembali kepada teman kampus yang memang membutuhkan kipas angin untuk kamar kosnya. Semakin cermat anda membaca peluang, akan semakin kecil modal yang anda butuhkan dan semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.

  • Jasa foto dan video

Bisnis ini berhubungan dengan hobi. Biasanya ditekuni mahasiswa fotografi sehingga mereka bisa berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang didapat di kampus. Meskipun awalnya hanya sebagai bisnis sampingan semasa kuliah, namun bisnis tersebut berpotensi besar jika dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus.

Baca Juga : Jenis-Jenis Peluang Bisnis yang Ga Ada Matinya

  • Hiburan music

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang hobi ngeband atau memang memiliki band. Dalam bisnis ini mahasiswa dituntut untuk dapat menyanyi atau menguasai salah satu alat musik, kemudian bisa menjadi penghibur di kafe yang menyediakan fasilitas full music bagi para pengunjungnya. Ini merupakan salah satu bisnis sampingan dengan honor yang lumayan besar.

  • Jasa penulis

Bisnis jasa penulis adalah bisnis online mahasiswa yang memiliki hobi dan keahlian dalam menulis. Selain dapat menjadi penulis online, anda juga dapat mencoba menjadi contributor situs online tersebut. Anda bahkan bisa membuka jasa penulisan online dan mempromosikannya di media sosial. Jika tulisan anda enak di baca manusia dan mesin pencari google, maka para pelanggan akan memberikan nilai plus untuk bisnis online anda.

  • Jasa penerjemah

Bisnis jasa penerjemah cocok untuk dijadikan bisnis sampingan bagi mahasiswa jurusan bahasa atau sastra, baik sastra Inggris, sastra Jepang, sastra Arab, atau pun sastra Cina. Dalam menjalankan bisnis ini tidak dibutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan anda dalam berbahasa asing. Peluang bisnis sebagai penerjemah juga bisa anda lihat dari lingkungan anda, terkadang ada mahasiswa jurusan lain yang membutuhkan jasa penerjemah dalam melakukan tugas-tugasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *