Keuntungan Pinjam Meminjam Uang dengan Sahabat

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain agar bisa terus bertahan hidup. Hal ini juga termasuk ketika Anda terdesak dan kemudian membutuhkan uang, maka Anda bisa pinjam meminjam uang kepada teman Anda, atau sebaliknya, ketika teman Anda membutuhkan uang, Anda bisa membantunya semampu Anda. Meminjam uang kepada teman tentu lebih menguntungkan karena tidak perlu takut terlalu beresiko seperti halnya ketika Anda meminjam uang kepada bank.

Apabila meminjam uang kepada bank atau lembaga keuangan lainnya, Anda tentu harus mempersiapkan beberapa dokumen dan memenuhi syarat yang diajukan. Selain itu Anda juga membutuhkan aset yang akan digunakan sebagai jaminan. Dan yang banyak terjadi adalah masa tunggu atau masa pencairan dana yang cukup lama. Berbeda halnya jika Anda pinjam meminjam kepada teman karena memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Teman akan menghargai dan mengerti Anda

Di sinilah manfaat jika Anda memiliki banyak teman karena Anda bisa meminta bantuan mereka jika berada dalam kesulitan. Teman akan ikut merasakan kesedihan yang Anda rasakan jika Anda sedang menghadapi masa sulit. Selain itu teman akan lebih mengerti dan menghargai apapun kondisi yang sedang Anda hadapi sehingga bisa memberikan bantuan baik finansial, maupun moril. Namun pastikan untuk mengembalikan uang milik teman Anda ketika sudah memiliki dana yang cukup sehingga teman Anda bisa lebih mempercayai Anda.

  • Pinjaman tidak berbunga

Salah satu alasan mengapa banyak orang berfikir ribuan kali sebelum meminjam ke bank adalah adanya bunga yang dibebankan kepada peminjam yang seringkali memberatkan. Hal ini jugalah yang kerap membuat peminjam seringkali mengalami gagal bayar yang membuat aset disita dan lain sebagainya. Dari resiko itulah banyak orang yang ragu untuk meminjam uang ke bank dan memilih meminjam uang kepada teman yang sifatnya bisa lebih ke kekeluargaan. Teman juga tidak akan membebankan bunga bagi Anda yang ingin meminjam uang. Namun usahakan untuk memberikan tanda terima kasih untuk teman Anda yang telah meminjami uang sehingga Ia pun senang.

Baca Juga : Cara Membuat Perjanjian Pinjam Meminjam

  • Waktu pengembalian yang fleksibel

Berbeda bank yang menerapkan denda keterlambatan dan pinalti jika Anda membayar lebih cepat dari jangka waktu yang telah disepakati, meminjam kepada teman dirasa lebih fleksibel. Anda bisa membayar secepatnya ketika Anda sudah memiliki dana yang cukup, dan bisa juga memundurkan waktu pembayaran jika memang belum memiliki dana yang cukup. Meski demikian, pastikan untuk memberikan konfirmasi kepada teman Anda jika memang belum bisa mengembalikan sesuai waktu yang telah dijanjikan sebelumnya.

  • Meminjam tanpa perlu terbebani jaminan

Meskipun kini produk pinjaman tanpa agunan yang ada pada bank sudah banyak diminati, namun syarat pengajuan dan potensi ditolak juga tetap saja sulit ditembus. Berbeda dengan meminjam kepada teman yang tidak perlu menyerahkan jaminan. Memang Anda juga bisa menyerahkan jaminan agar teman lebih percaya pada Anda, namun sifatnya lebih ke kekeluargaan sehingga bisa diperoleh kesepakatan.

Meski memiliki banyak keunggulan, namun Anda juga harus tahu resikonya bahwa dengan meminjam kepada teman dan tidak mampu mengembalikan, maka hubungan persahabatan yang sudah terjalin bisa saja rusak. Untuk itu dalam pinjam meminjam uang walau kepada teman terdekat sekalipun juga tetap harus memiliki etika sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Keuntungan Pinjam Meminjam Uang dengan Sahabat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *