Menentukan Bank untuk Melakukan Pinjaman Syariah

Di Indonesia tidak hanya perbankan konvensional namun juga perbankan syariah yang dapat menjadi pilihan ketika Anda sebagai calon debitur memerlukan pinjaman uang. Pada dasarnya, perbedaan antara konvensional dan syariah adalah sistem yang diterapkan karena syariah menggunakan sistem berdasarkan pada sistem syariah yang telah ditentukan. Sama seperti bank konvensional, banyak jenis pinjaman syariah yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum Anda menentukan bank yang akan Anda pilih sebagai tempat untuk melakukan pinjaman, pastikan jika Anda mengetahui tujuan Anda untuk melakukan pinjaman sehingga dana tersebut dapat digunakan atau dialokasikan dengan tepat. Salah satu jenis pembiayaan jual beli yang ada di bank syariah yaitu murabahah yang penyerahan barang dilakukan atau diserahkan di awal akad. Jenis pembiayaan ini misalnya digunakan untuk membeli atau memenuhi kebutuhan konsumtif (membeli kendaraan bermotor) atau untuk pembiayaan produktif seperti membeli mesin untuk kebutuhan produksi usaha.

Setelah Anda mengetahui pembiayaan yang Anda butuhkan, kumpulkan informasi atau nama mengenai bank syariah yang ada di Indonesia sebagai kreditor atau yang akan memberikan kredit kepada Anda. Walaupun saat ini banyak jenis bank syariah yang ada di Indonesia, namun tidak semua bank menyediakan jenis pinjaman syariah yang Anda inginkan. Setelah itu pilih bank yang sekiranya ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Baca Juga : Kenali Lebih Dalam Pinjaman Syariah

Pemilihan bank yang dekat dengan tempat tinggal Anda berfungsi untuk memudahkan Anda saat akan mengajukan aplikasi atau permohonan peminjaman uang kepada bank sebagai kreditor. Selain memudahkan pengajuan, keuntungan memilih bank yang dekat dengan tempat tinggal Anda yaitu:

  • Memudahkan Anda untuk bertanya kepada pihak bank jika terdapat sesuatu hal yang belum Anda mengerti dengan baik berkaitan dengan pinjaman tersebut.
  • Memudahkan Anda untuk membayar angsuran.
  • Lebih mudah untuk melakukan verifikasi jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Misalnya Anda sudah membayar angsuran namun pihak bank belum menerima atau belum mencatat.

Kedua adalah perhatikan mengenai persyaratan yang diberikan oleh perbankan tersebut. Masing-masing perbankan memiliki ketentuan atau peraturan tersendiri termasuk dalam masalah pinjaman walaupun memiliki persyaratan utama yang sama yaitu usia minimal adalah 21 tahun atau sudah menikah dan usia maksimal saat kredit berakhir adalah 55-60 tahun. Pastikan Anda mengetahui dengan pasti jenis dokumen yang harus dilampirkan sehingga meningkatkan kemungkinan pengajuan kredit Anda diterima oleh bank.

Ketiga adalah perhatikan mengenai respon atau feedback dari nasabah sebelumnya yang pernah melakukan pembiayaan di bank syariah tersebut. Pilih bank yang meninggalkan respons bagus ke nasabah dan memiliki ketentuan yang tidak memberatkan Anda. pemilihan bank syariah yang kompeten di pembiayaan tersebut dapat membantu Anda mengurangi hal yang tidak diinginkan misalnya kesalahpahaman kreditor dan debitor mengenai pembayaran angsuran.

Untuk meningkatkan kemungkinan pengajuan pinjaman syariah Anda diterima oleh bank, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Melengkapi dokumen sesuai dengan yang ditentukan oleh perbankan.
  • Memperbaiki catatan kredit Anda dan jangan sampai Anda masuk daftar hitam di bank manapun terutama di bank Indonesia.
  • Memperbaiki penampilan Anda sehingga Anda terlihat meyakinkan untuk dapat membayar angsuran sesuai dengan yang ditentukan.
  • Jika Anda memiliki kartu kredit dan menjadi persyaratan untuk mengajukan kredit, jangan lupa untuk mengecek apakah Anda memiliki masalah dengan kartu kredit Anda atau tidak. Jika kartu kredit bermasalah, bank akan sanksi jika Anda dapat membayar angsuran tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *