Belajar Internet Marketing untuk Strategi Content yang Menjual

Belajar Internet Marketing untuk Strategi Content yang Menjual

Sama seperti halnya Anda melakukan penjualan dengan cara konvensional, Anda membutuhkan suatu strategi yang wajib Anda terapkan saat Anda melakukan pemasaran lewat cara online. Namun, untuk mengaplikasikan internet marketing, tidak semudah kelihatannya karena Anda juga harus membangun kepercayaan dari konsumen Anda sehingga dapat menjadi pelanggan. Anda wajib untuk belajar internet marketing agar produk yang Anda jual tersebut dilirik dan dibeli oleh konsumen.

Salah satu faktor penentunya adalah dengan menggunakan content marketing. Isi konten ini berbeda dengan artikel yang biasanya karena Anda harus dapat menarik perhatian dari pengunjung website Anda untuk melihat produk yang ditawarkan tersebut. Anda harus memahami tujuan Anda membuat konten tersebut apakah hanya sebatas untuk mencoba mendatangkan visitor, untuk meningkatkan kepercayaan ataupun agar pengunjung website Anda membeli produk yang Anda tawarkan tersebut.

Kedua adalah ketahui terlebih dahulu target pasar dan produk atau industri marketing yang Anda jalani. Hal ini akan sangat berkaitan tidak hanya dengan informasi dari produk tersebut namun juga bahasa yang digunakan untuk menyampaikan produk tersebut. Jika sasaran produknya ditujukan untuk anak muda, Anda dapat lebih menggunakan bahasa non formal yang lebih mudah ditangkap dan diterima serta dimengerti oleh anak muda dibandingkan dengan bahasa formal yang dinilai lebih kaku. Sedangkan jika sasarannya adalah orang tua maka Anda harus menggunakan bahasa yang lebih formal namun tetap mudah untuk dipahami oleh konsumen.

Ketiga adalah menentukan konsep. Dalam belajar internet marketing maka Anda harus dapat membuat konsep sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Dalam konten marketing yang Anda buat tersebut tidak selalu menekankan mengenai konsumen yang harus membeli produk Anda namun Anda juga harus memberikan pengenalan sehingga konsumen merasa yakin sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang dijual tersebut. Konten tersebut tidak hanya berbentuk artikel yang dapat di posting di website namun juga konten yang di posting di sosial media, lewat video, info grafis, slide presentasi, webinar, tool yang berupa aplikasi atau program ataupun e-book.

Baca Juga : Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Keempat adalah dengan membuat kalender konten. Kalender ini berfungsi untuk menjaga Anda agar tetap fokus dan mengaplikasikan content marketing tersebut tepat pada waktunya. Dengan adanya kalender konten ini, Anda dapat lebih konsisten tidak hanya untuk pembelajaran Anda sendiri namun juga untuk klien yang membutuhkan konten marketing sesuai dengan yang diinginkan tepat waktu.

Kelima adalah menerapkan content marketing tersebut sesuai dengan permintaan. Akan tetapi, setelah Anda memposting isi dari pemasaran secara online tersebut, Anda tetap harus melakukan evaluasi. Terdapat beberapa tool yang dapat dipergunakan untuk membantu menganalisa misalnya lewat Google analytics ataupun menggunakan tools lainnya. Lewat analisis tersebut, Anda dapat melihat apakah konten yang Anda posting tersebut mampu mencapai target yang ditetapkan sebelumnya sehingga Anda dapat menggantinya dengan konten yang baru.

Terdapat beberapa tolak ukur dari konten marketing lewat belajar internet marketing yang tepat. Berdasarkan pada salah satu master IM, tolak ukur tersebut dapat dikategorikan berdasarkan pada tujuannya yaitu pengenalan, branding serta penjualan. Tolak ukur keberhasilan tersebut yaitu:

– Pengenalan:

  • Jumlah pengunjung atau visitor.
  • Jumlah link yang di share di sosial media.
  • Jumlah backlink.

– Branding atau untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna internet selaku konsumen:

  • Jumlah dari subscriber terutama untuk video.
  • Tingkat dari konversi pelanggan.
  • Jumlah dari follower atau anggota di sosial media.

– Penjualan:

  • CTR ke halaman penjualan.
  • Pendapatan dan tingkat konversi penjualan.

Belajar Internet Marketing untuk Membangun Strategi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *