Tips Mudik Jauh dengan Kendaraan Umum

Salah satu hal yang paling dinantikan saat datangnya hari lebaran memang bisa pulang ke rumah dan berkumpul dengan anggota keluarga yang lainnya, tentu Anda mengalami hal yang serupa bukan. Bahkan yang jauh-jauh bekerja di luar kota pastinya akan menyempatkan diri untuk pulang, meskipun hanya sekali dalam setahun. Inilah yang dikenal sebagai mudik ke kampung halaman, namun juga tak bisa dipungkiri bahwa masa-masa menjelang lebaran ini jalanan juga akan sangat berbahaya, kendaraan sangat padat dam rentan dengan adanya kecelakaan. Kenali dengan baik tips mudik secara amannya.

tips mudik jarak jauh

Mudik memang sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang, bukan hal yang mengherankan jika sejauh apapun jaraknya, untuk bisa berkumpul dengan anggota keluarga yang lainnya pasti banyak yang memutuskan untuk pulang, silaturahmi dan tak kalah juga membawa banyak sekali oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Untuk lebih amannya sebenarnya dianjurkan kepada Anda untuk menggunakan sarana transportasi umum saja, dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Tips mudik dengan kendaraan umum juga bukan berarti bebas dari resiko, nyatanya banyak juga tidak kejahatan di dalam angkutan umum yang kerap kali terjadi seperti hipnotis dan juga copet, namun resikonya dapat dikurangi jika Anda tau cara yang tepat dalam menjaga keamanan disini, berikut ini setidaknya sedikit tips dapat Anda gunakan:

  1. Fokus, berada dalam kendaraan terlalu lama terkadang memang membuat Anda mengantuk, sebaiknya jangan sampai membiarkan pikiran kosong, bawalah beberapa sarana hiburan semacam headset atau bahan bacaan untuk menjaga diri Anda tetap fokus, karena orang yang rentan untuk di hipnotis adalah mereka yang tak waspada, melamun adalah salah satunya.
  2. Cobalah untuk menghindari kontak dengan orang yang mencurigakan, umumnya orang yang berpura-pura ramah, banyak mengajukan pertanyaan, sebenarnya bukan sebuah masalah jika Anda ingin mengobrol dengan mereka, namun jangan urungkan kewaspadaan, karena ada kemungkinan pelaku tindak kejahatan, mengingat kebanyakan kejahatan di sarana transportasi umum juga dari hal ini.
  3. Jangan pernah mau jika diberi makanan atau minuman apapun dari orang lain, baik itu sekedar permen sekalipun sebaiknya tak Anda terima, bisa jadi sudah diberikan dengan obat tertentu.
  4. Hati-hati saat menaruh barang dan juga dompet Anda, hindari menaruh dompet di tempat yang terbuka, apalagi memungkinkan orang lain dengan mudah untuk membukanya, sebaiknya juga jangan menyimpan uang dalam satu tempat, sangat berbahaya jika nantinya ada yang mencuri, Anda tak bisa melanjutkan perjalanan.

Mudah bukan, menggunakan sarana transportasi apapun, ketahui tips mudik secara amannya, mengingat selalu saja ada resiko tindak kejahatan. Jangan lupa untuk selalu berdoa semoga Anda diberikan kelancaran agar nantinya bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *