Tips Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa

Ibadah puasa memang diidentikkan dengan tubuh yang selalu lemas, karena menahan lapar selama kurang lebih 12 jam, tanpa makanan dan juga minuman, hingga sangat banyak diantaranya yang mengalami kekurangan cairan. Namun Anda tak perlu khawatir karena dengan pola yang benar sebenarnya tak ada jenis penyakit yang akan menyerang Anda di bulan yang suci ini. Untuk itu terapkanlah ibadah ramadhan yang sehat, karena pada dasarnya dengan ibadah ini akan membuat tubuh Anda menjadi kian sehat.

Tips tubuh tidak lemas saat puasa

Meskipun menahan diri dari berbagai jenis asupan makanan dan juga minuman cukup lama, ini sebenarnya merupakan bentuk untuk mengistirahatkan organ dalam tubuh, diantaranya adalah organ lambung yang tak pernah berhenti bekerja selama hari-hari biasa. Untuk itulah sebulan dalam setahun ada masa dimana umat islam harus menjalani ibadah wajib tersebut hingga datangnya hari kemenangan.

Dari ibadah di bulan ramadhan sendiri tak hanya pahala yang Anda dapatkan melainkan juga manfaat bagi kesehatan, untuk itu mulai dari usia anak-anak sebenarnya harus mulai dibiasakan belajar menjalankan ibadah tersebut. Agar dalam menjalankan puasa satu hari penuh Anda tetap segar dan jauh dari kata lemas maka berikut ini ada beberapa tips dapat dipatuhi, yaitu:

  1. Pastikan untuk makan sahur, nyatanya ada banyak sekali orang yang tak bisa bangun untuk sekedar santap sahur, sehingga di siang hari perut akan terasa sangat lapar. Jangan biasakan hal ini karena termasuk kewajiban untuk paling tidak dijadikan sebagai pengisi perut selama 12 jam , makanan yang dikonsumsi sebaiknya juga harus Anda perhatikan, hindari sesuatu yang terlalu pedas dan juga berminyak agar tak menyebabkan panas dalam saat tengah menjalankan ibadah ramadhan.
  2. Konsumsi air tetap 8 gelas perhari, jika bisa tambah lagi, namun juga perhatikan waktu yang tepat dalam konsumsi mineral tersebut, mulai dari saat sahur, berbuka dan di malam hari, tak masalah jika Anda harus buang air kecil secara terus menerus asalkan tubuh dalam kondisi yang cukup sehat tak mengalami dehidrasi di siang hari.
  3. Makanan manis adalah kewajiban saat Anda tengah berbuka, karena mereka biasanya sering kali mengalami kondisi tubuh yang lemas dan letih, penyebabnya tak lain karena kekurangan gula darah dalam tubuh, untuk membuat tubuh Anda terasa segar kembali maka mulailah berbuka dengan sesuatu yang manis seperti korma yang secara cepat tingkatkan kadar gula darah Anda.
  4. Hindari aktifitas berat dan juga kurangi kegiatan yang kurang penting, bergunjing atau menggosip termasuk salah satunya.

Puasa adalah saat dimana Anda bisa menyehatkan tubuh, bukan malah sebaliknya. Perbanyak amal ibadah Anda di bulan ramadhan ini untuk bekal di akhirat nanti, ingat belum tentu Anda akan memenangkan bulan ramadhan yang selanjutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *